Cara Screenshot di Laptop dan PC Mudah dan Praktis

Cara Screenshot di Laptop dan PC Mudah dan Praktis

Cara Screenshot di Laptop dan PC Mudah dan Praktis

 

Kebutuhan Screenshot saat ini makin penting untuk kegiatan dan pekerjaan sehari-hari. Berbagi informasi biasanya bisa dilakukan dengan menshot layar laptop ataupun PC. Lalu Bagaimana cara Screenshot laptop dan PC yang mudah?


Screenshot bisa diterapkan dalam segala jenis aktivitas di Laptop dan PC. Mulai dari permainan game, ataupun layar informasi penting yang ingin kamu simpan didalam komputer dengan mudah dan cepat.

 

Jika kamu menggunakan sistem operasi Windows pada Laptop ataupu PC (Personal Computer), maka cara melakukan screenshot bisa beraneka ragam dan menawarkan berbagai macam kemudahan.

 

Cara Screenshot di Laptop dan PC

 

Banyak cara yang dapat kamu lakukan untuk membuat tangkapan layar (Screenshot) pada Laptop dan Komputer. Beberapa cara tersebut diantara adalah sebagai berikut:

 

1. Menggunakan Tombol Keyboard Print Screen (PrtScn)

 

Cara tercepat menangkap tampilan layar adalah dengan menggunakan tombol keyboard PrtScn. Hasil Screenshot ini akan disimpan dalam bentuk Clipboard bukan berupa berkas atau File.

 

Untuk menyimpan dalam bentuk file (berkas) Kamu harus menggunakan aplikasi editor gambar untuk menyimpan gambar tersebut. Misalnya menggunakan aplikasi Paint, silahkan tekan tombol Ctrl+V atau Paste pada layar aplikasi Paint.

 

Jika sudah berhasil menaruh gambar dalam lembar kerja paint, kini kamu bisa mengedit atau langsung menyimpan hasil screenshot tersebut.

 

2. Menggunakan Tombol Alt-Prtscn

 

Untuk melakukan screenshot pada Laptop, khususnya untuk window yang aktif, kamu bisa menggunakan tombol Alt-Prtscn. Otomatis hanya akan menangkap gambar pada window yang aktif pada layar.

 

Sama halnya yang pertama, untuk menyimpan gambar bisa kamu gunakan aplikasi editor gambar seperti Paint dan menyimpannya.

 

3. Gunakan Tombol Windows Key + Prtscn

 

Untuk menangkap seluruh layar dan menyimpan tangkapan layar secara otomatis, tekan tombol Windows + tombol Prtscn.

 

Layar Kamu akan meredup sesaat untuk menKamukan bahwa Kamu baru saja mengambil screenshot dan screenshot tersebut akan disimpan di folder Pictures ==> Screenshots.

 

4. Gunakan Tombol Windows key + Shift + S

 

Layar akan meredup dan penunjuk mouse laptop akan berubah. Kamu dapat menyeret kursor untuk memilih bagian layar yang akan diambil.

 

Tangkapan layar disalin ke clipboard dan Kamu dapat menempelkannya ke program atau aplikasi lain. (Pintasan ini hanya berfungsi jika Kamu menginstal sistem operasi Windows 10 versi terbaru.)

 

5. Gunakan Tombol Windows + Volume Turun

 

Jika Kamu menggunakan perangkat Microsoft Surface, Kamu dapat menggunakan tombol fisik untuk mengambil tangkapan layar dari seluruh layar.


Sama seperti Kamu mengambil tangkapan layar di ponsel atau tablet lain.

 

Untuk melakukannya, tekan dan tahan tombol sentuh logo Windows di bagian bawah layar Surface, lalu tekan tombol volume bawah di samping tablet. Layar akan meredup sesaat dan screenshot akan otomatis tersimpan di folder Pictures ==> Screenshot.

 

6. Gunakan Game Bar

 

Untuk Menangkap layar, Kamu dapat menggunakan game bar meskipun kamu sedang tidak bermain game.

 

Tekan tombol Windows + G untuk membuka Game Bar. Di sini Kamu dapat mengklik tombol tangkapan layar di bilah permainan atau menggunakan pintasan keyboard standar tombol Windows + Alt + PrtScn untuk mengambil tangkapan layar layar penuh.

 

Untuk mengatur kombinasi tombol Kamu sendiri untuk tangkapan layar bilah permainan, buka Pengaturan ==> Permainan ==> Game bar.

 

7. Gunakan Apliaksi Snipping

 

Untuk mengambil gambar layar secara fleskibel, kamu bisa menggunakan aplikasi Snipping. Dengan Snipping kamu bisa menangkap layar dengan berbagai macam ukuran dan lebih fleksibel.

 

Caranya cukup mudah, dengan menekan tombol Windows + Shift + S maka Kamu bisa langsung memilih area yang ingin di screenshot.

 

Snipping Tool tidak bisa otomatis menyimpan, namun kamu bisa langsung menekan tombol save atau Ctr+S dan memberi nama file dan klik Save.

 

8. Gunakan Aplikasi LightShot

 

Aplikasi LightShot merupakan aplikasi pihak ketiga alias bukan aplikasi bawaan Windows. 

Dengan Lightshot, kamu bisa lebih fleksibel dalam memilih dan menyesuaikan screenshot. Namun, kamu harus mendownload aplikasi Lightshot untuk menggunakannya.

 

Lightshot dinilai lebih bagus dan profesional dalam hal screenshot layar dan banyak dipakai oleh dari berbagai macam kalangan pengguna Windows.

 

Mudah bukan cara Screenshot Layar laptop maupun PC. Kamu bisa menyesuaikan sesuai dengan kebutuhan kamu sendiri.

 

Dengan mudahnya screenshot, maka akan mempermudah pekerjaan dan mempercepat proses berbagai informasi menarik. Semoga informasi ini membantu kamu.

Load comments