Cara Mengatasi Laptop Yang Langsung Masuk BIOS (Work)

Cara Mengatasi Laptop Yang Langsung Masuk BIOS (Work)

Cara Mengatasi Laptop Yang Langsung Masuk BIOS (Work)

 

Bingung Laptop Kamu langsung masuk BIOS ketika dihidupkan? Ga perlu risau, karena kita akan kupas tuntas bagaimana cara mengatasinya dengan mudah. Laptop pertama kali dinyalakan maka secara otomatis akan melewati sistem booting.


Proses booting sendiri bisa berhasil dan ada juga yang gagal dikarenakan sebab tertentu. Booting yang gagal maka otomatis tidak bisa masuk ke Windows, akan tetapi akan masuk ke BIOS atau stag di proses booting saja.


Sebenarnya apa yang menjadi penyebab Laptop gagal Booting dan masuk ke BIOS? Biar lebih paham, simak nih beberapa penyebab laptop gagal masuk Windows:

 

  • Masalah hardware: Proses Booting adalah proses menyalakan hardware yang terhubung dengan software. Jika ada masalah pada hardware khususnya baterai, maka proses booting bisa gagal

  • Salah Setting: Setting BIOS adalah hal penting, ada kesahalan pada setting BIOS dapat menyebabkan gagalnya proses Booting.

  • Keyboard rusak: Untuk masuk ke BIOS adalah dengan cara menekan salah satu tombol pada keyboard. Jika keyboard rusak (Menekan terus) bisa saja menyebabkan proses booting langsung masuk ke dalam BIOS, sehingga tidak bisa masuk ke System Windows.

Cara Memperbaiki Laptop Langsung Masuk Ke BIOS

Laptop yang gagal booting dan langsung masuk ke BIOS secara otomatis tidak bisa digunakan untuk bekerja. Nah, bagaimana cara mengatasi lapotop yang langsung masuk ke BIOS? Yuk simak detailnya dibawah ini.

Banyak sekali informasi yang bertebaran di internet tentang cara memperbaiki laptop langsung masuk ke bios, namun kita ambil yang penting dan dijamin work ya!

1. Periksa Keyboard Laptop


Permasalahan yang paling sering terjadi adalah masalah pada keyboard, jadi hal inilah yang pertama perlu di periksa ketika laptop langsung masuk ke BIOS. Untuk mengecek keyboard pada laptop adalah dengan cara melapaskan konektor pada keyboard. 


Ingat, tidak semua keyboard pada laptop dapat dilepas hanya dengan mencongkel dari atas, ada juga yang harus dibuka secara keseluruhan ada juga yang dilepas baut pada belakang keyboard dan baru di congkel dari atas.


Setelah berhasil melapas keyboard dan konektornya, kini kamu bisa mencoba untuk menyalakan ulang laptop. Jika berhasil masuk ke Windows, maka sudah pasti fix yang bermasalah adalah keyboardnya.

2. Ganti Keyboard Baru 

Jika sudah bisa memastikan yang bermasalah dan rusak adalah keyboardnya, maka Kamu bisa menggantinya sendiri atau bisa ke tempat service laptop terdekat.  


Jika diganti sendiri, pastikan membeli dengan keyboard sesuai merk laptop dan serinya. Seri laptop biasanya terdapat pada stiker yang ditempel pada bawah laptop.


Namun, buat kamu yang tidak ingin repot dengan mengganti keyboard, bisa menggunakan alternatif paling mudah yaitu dengan menggunakan keyboard USB atau Wireless, tinggal tancap langsung bisa bekerja. Namun, jika kamu sering kerja diluar rumah, cara ini tidak disarankan, karena bakalan ribet.


Namun, jika kamu benar-benar ingin menggunakan Keyboard USB atau Wireless, pastikan keyboard laptop yang rusak di lepas konektornya agar tidak masuk ke BIOS saat Booting.

3. Reset Baterai CMOS

Jika ternyata keyboard kamu tidak bermasalah, bisa saja karena maslah pada baterai CMOS. Yang perlu Kamu lakukan adalah mereset Baterai tersebut.


Untuk mereset baterai CMOS sangatlah mudah, karena langkahnya adalah hanya dengan mencabut baterai CMOS dari slotnya, lalu memasang kembali. Setelah terpasang, Kamu bisa menghidupkan Laptop seperti biasa.


Jika ternyata Booting masih langsung masuk ke BIOS, maka ada kemungkinan bahwa baterai CMOS sudah habis dayanya. Jadi, langkah yang bisa dicoba adalah mengganti dengan Baterai CMOS yang baru. Untuk membeli baterai baru, bisa di Toko Online atau tempat service laptop disekitar.

4. Setting BIOS Default

Setting BIOS ke default untuk mengetahui dan mereset jika memang terjadi kesahalan setting BIOS. Salah setting bisa menyebabkan proses Booting gagal dan masuk ke BIOS lagi. Untuk memastikan tidak ada kesalahan setting BIOS, silahkan ubah ke Settingan Default.

Untuk reset BIOS ke default caranya kamu harus masuk ke BIOS, lalu pindah ke Tab Exit, lalu pilih Load Setup Default, Simpan dengan cara pilih  Save and Exit atau tekan F10.

5. Ganti Sistem Operasi

Untuk mengatasi laptop langsung masuk BIOS adalah dengan mengganti Sistem Operasi (OS). Ini berlaku jika kamu baru saja melakukan install ulang pada laptop dan ternyata error, karena mungkin saja Windows yang kamu install tidak support.


Jadi, untuk mengatasi hal ini pastikan bahwa Windows yang kamu install sudah sesuai dengan Laptop yang kamu gunakan, apa itu sistem 32-bit atau 64-bit.


Jika sistem Laptop kamu menggunakan 32-Bit, maka usahakan untuk menginstall OS dengan dengan sistem 32-bit agar tidak error. Demikian juga jika menggunakan sistem 64-bit.


Berdasarkan pengalaman dan beberapa sumber media, bahwa cara mengatasi laptop yang langsung masuk BIOS adalah dikarenakan adanya kerusakan pada tombol keyboard (mencet terus).
Itulah cara mengatasi laptop langsung masuk BIOS yang bisa kamu coba, dan semoga ini bisa menjadi solusi buat permasalahan kamu. Semoga bermanfaat.

Load comments