Daun Ketapang : Ciri - ciri, Manfaat Bagi Ikan Cupang

Daun Ketapang : Ciri - ciri, Manfaat Bagi Ikan Cupang

Daun Ketapang sangatlah banyak tumbuh di indonesia, pohon ini mudah sekali beradaptasi dilingkungan sekitar seperti indonesia yang mana memiliki iklim tropis. 

Daun ketapang ini populeritasnya semakin banyak, banyak yang bisa dimanfaatkan dari tanaman ini mulai dari biji, batang hingga daunnya. 

Yang saya bahas kali ini adalah daunnya yang mana bisa dimanfaatkan apalagi bagi kalian pecinta ikan cupang yang mana untuk kesehatan ikan itu sendiri. 

Apa itu Daun Ketapang? 

Daun ketapang ini jika kalian main kepantai tentu akan menemukan pohon ketapang ini atau biasanya di tanam di taman kota karena ciri khas pohon ini sendiri sangatlah rindang jadi banyak di tanam untuk tempat berteduh. 

Ada beberapa ciri daun ketapang ini agar kamu tidak salah saat memetiknya atau mengambil daun ketapang ini. 

Ciri daun ketapang bisa kalian lihat seperti berikut ini :

  1. Memiliki daun dengan lebar 3 cm - 4 cm
  2. Daun ketapang ini memiliki bentuk oval yang memanjang, serta lancip pada bagian ujungnya
  3. Warna daun saat masih segar itu seperti pohon manggis kalau sudah tua akan berwarna merah kecoklatan

Manfaat Daun Ketapang Untuk Ikan Cupang

Ada beberapa manfaat daun ketapang ini untuk ikan cupang, jadi tidak heran sekarang daun ketapang ini menjadi buruan para pemelihara ikan cupang. 

Manfaat tersebut pada ikan cupang bisa kalian cek pada ulasan yang ada di bawah ini :

1. Mengobati Luka

Manfaat yang pertama bisa mengobati luka pada sisik ikan yang mana disebabkan karena perkelahian. Walaupun tidak ada sumber pasti mengenai ini akan tetapi banyak breender ikan cupang yang memanfaatkannya. 

2. Mencegah Stress

Yang kedua adalah supaya ikan cupang ini tidak stress, penyebab ikan stress ini karena pH pada air tersebut terlalu tinggi serta peletakan aquarium yang kurang cocok juga akan menyebabkan ikan menjadi stress. Agar bisa mengobati hal tersebut tentu menggunakan daun ketapang ini. 

3. Mempercantik Sirip Ikan Cupang

Manfaat selanjutnya adalah dapat mempercantik sirip ikan cupang tersebut yang mana bisa mempertajam warna pada sirip ikan cupang. Seni dari ikan itu terdapat pada ekor dan sirip nya jadi harus dipikir baik - baik untuk merawatnya supaya menjadi lebih bagus lagi. 

4. Menstabilkan pH Air

Pada poin dua saya sudah jelaskan bahwa pH air ini sangatlah berpengaruh yang mana bisa membuat ikan menjadi stress oleh karena itu daun ketapang ini bisa untuk menstabilkan air pada aquarium. Idealnya pH dalam air untuk ikan cupang itu 6.27 akan tetapi untuk air yang kita pakai ini memiliki pH yang sangat besar. 

Jadi disarankan untuk pemilik ikan cupang supaya menambahkan daun ketapang ini pada aquarium miliknya. 

5. Membatu Perkembang Biakkan Ikan

Yang terakhir adalah membatu perkembang biasakan pada ikan, ikan hanya bisa berkembang biak dengan pH tertentu jadi harus diperhatikan baik - baik. 

Itu dia beberapa manfaat dari daun ketapang ini jadi bagi kalian yang hobi memelihara ikan cupang ini bisa gunakan daun ketapang ini. 

Load comments